Cara Sukses Dengan Beternak Murai Batu Untuk Meraih Omset Puluhan Juta

Cara Sukses 2019 Dengan Beternak Murai Batu - Di tahun 2019 banyak orang yang sukses dengan beternak burung murai batu.Memelihara burung sekarang ini sudah menjadi hobby untuk sebagian besar masyarakat Indonesia.

Dan bahkan sampai kepelosok desapun kini sudah banyak memelihara burung kicau ini sampai dapat mengembangbiakan.Sekarang banyak orang yang berbondong bondong ingin menjadikan ladang usaha karena harga jual murai batu sangatlah tinggi dan disamping itu juga permintaan pasar semakin meroket.

Cara Sukses Dengan Beternak Murai Batu Untuk Meraih Omset Puluhan Juta

Hal ini disebabkan burung murai batu mempunyai suara yang kicaunya yang sangat merdu juga banyak bervariasi. Burung murai batu ini termasuk burung langka diIndonesia.Hal ini menjadi banyak orang yang ingin membudidayakan murai batu.

Beternak murai batu dapat menjadi salah satu usaha sampingan yang sangat menjanjikan karena Permintaan pasar yang terus meroket dan penangkar yang bisa dibilang masih sedikit yang berhasil.

Untuk membudidayakan burung ini bisa dibilang susah-susah gampang,dibutuhkan niat,keuletan,bakat,telaten dan pengalaman.

Banyak faktor yang harus anda perhatikan dalam beternak burung ini yaitu kebersihan kandang,lingkungan,pemberian pakan dan cara anda memperlakukan burung setiap harinya.

Berikut ini langkah-langkah awal yang harus anda ketahui cara beternak burung murai :

#1.Niat


Pertama jika anda ingin beternak burung murai batu untuk usaha sampingan anda harus mempunyai niat bulat dan jangan setengah-setengah dalam modal usaha ternak murai batu karena beternak burung murai bukan seperti ternak burung lainnya dan anda harus mempunyai jiwa hobi sama semua jenis burung.

#2.Pemilihan Bibit Murai Batu


Untuk pemilihan indukan murai batu yang bagus burung tidak harus mahal,melatih pengalaman anda beternak murai batu bisa anda lakukan secara bertahap.Tidak perlu burung yang sudah pernah juara.Biarkan pengalaman anda semakin memahami bagaimana cara yang benar beternak murai batu.Setelah itu barulah anda bergeser sedikit demi sedikit kekualitas burung murai.Untuk beternak burung murai harus memilih indukan jantan dan betina,kriterianya adalah sebagai berikut :

Indukan JantanPilihlah indukan pejantan yang tidak takut terhadap manusia dan mempunyai mental yang bagus.Pejantan paling tidak uisanya sudah 2 tahun keatas dan sudah matang untuk melakukan perkawinan.Pastikan burung pejantan tidak dalam keadaan sakit maupun cacat fisik.

Indukan Betina

Pilihlah betina yang sudah berusai 1 atau 2 tahun.Pastikan burung dalam keadaan sehat dan tidak terlalu kurus.Selain itu burung harus jinak dan tidak takut terhadap manusia agar tidak mudah stress.

#3.Lokasi Kandang Murai Batu


Pada umumnya lokasi kandang untuk penangkaran burung murai batu berada di luar rumah seperti di samping atau di pekarangan rumah. Faktor yang perlu diperhatikan saat menentukan lokasi kandang adalah suasananya cukup tenang dan tidak banyak gangguan hewan lain.

#4.Pembuatan Kandang Murai Batu


Untuk kandang  anda bisa membuat dari bata jangan diplester depan biasanya dikasih kawat ram kasih 2 pintu yang satu biasanya buat memberi pakan,mendesain kandang ternak murai sesuai selera.Namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam pembuatan kandang ternak murai diantaranya minimal pembuatan kandang dengan ukuran P 90 L90 T90 cm.

Kandang burung yang bersih akan meminimalisir hama dan penyakit, selain itu burung juga dapat  terhindar dari stress.

Peralatan Pada Kandang Murai Batu :

  • Tempat bersarang
  • Tenggeran
  • Tempat pakan dan air minum

Tips merawat kandang murai batu :

  • Bersihkan tempat pakan dan air minum setiap hari
  • Pakan dan air minum agar diganti setiap hari. Sisa pakan dan air minum yang belum habis sebaiknya dibuang
  • Tempat penampungan kotoran harus dibuang dan dibresihkan setiap hari
  • Sangkar dibersihkan secara keseluruhan setiap satu minggu satu kali
  • Sangkar dicuci dan disterilkan menggunakan desinfektan dan obat anti kuman kemudian dijemur di bawah sinar matahari
  • Tempat untuk bertengger murai batu dibersihkan empat hari sekal

#5.Ukuran Kandang Murai Batu


Sebaiknya ukuran kandang untuk burung murai batu jangan terlalu besar atau terlalu kecil, karena dapat menyebabkan murai batu terlalu banyak terbang dan energinya banyak dipakai untuk bergerak daripada untuk reproduksi.

Dan jika ukuran kandang terlalu kecil dapat menyebabkan murai batu cepat stress. Ukuran ideal untuk kandang murai batu adalah

100 cm (panjang) x 200 cm (lebar) x 200 cm (tinggi).

#6.Peralatan Pada Kandang Murai Batu


Kandang untuk penangkaran murai batu perlu dilengkapi beberapa sarana pendukung seperti bahan sarang, tenggeren, sarang burung, tempat pakan dan tempat minum.

Tempat bersarang

Untuk tempat bersarang, peternak burung murai batu dapat menggunakan baskom plastik kecil, anyaman bambu, kuali bekas, dan lain-lain. Dari berbagai pilihan barang tersebut sebaiknya gunakan anyaman bambu karena memberikan rasa sejuk sehingga nyaman untuk bertelur dan mengeram.

Tenggeran

Letakkan tenggeran di posisi yang tepat agar tidak mengganggu leluasaan murai batu saat beraktivitas. Gunakan tenggeran dengan bahan kayu berdiameter 0,2 cm.

Tempat pakan dan air minum

Letak tempat pakan dan air minum sebaiknya berdekata, mudah dilihat, dan selalu diperhatikan kebersihannya. Akan lebih baik lagi jika ditambah wadah untuk tempat mandi burung murai batu.

#7.Kebersihan Kandang Murai Batu


Kandang burung yang bersih akan meminimalisir hama dan penyakit, selain itu burung juga dapat  terhindar dari stress.

Tips merawat kandang murai batu :

  • Bersihkan tempat pakan dan air minum setiap hari
  • Pakan dan air minum agar diganti setiap hari. Sisa pakan dan air minum yang belum habis sebaiknya dibuang
  • Tempat penampungan kotoran harus dibuang dan dibresihkan setiap hari
  • Sangkar dibersihkan secara keseluruhan setiap satu minggu satu kali
  • Sangkar dicuci dan disterilkan menggunakan desinfektan dan obat anti kuman kemudian dijemur di bawah sinar matahari
  • Tempat untuk bertengger murai batu dibersihkan empat hari sekali


8).Pengembangbiakkan Burung Murai


Banyak breeder mengalami kesulitan saat mengembangbiakkan burung ini.Kebanyakan kendalanya pasangan sering kali bertengkar.Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara diantaranya

Siapkan dua kandang masing-masing untuk burung jantan dan betina.

Masukkan sang betina dikandang pertama dan biarkan sendirian selama seminggu untuk beradaptasi.

Dengan cara tersebut burung akan memiliki waktu untuk beradaptasi dan saling mengenal,kalau sudah 2 minggu anda bisa menyatukan kedua burung tersebut dalam satu kandang untuk memberikannya kesempatan untuk melakukan proses perkawinan.

#9.Pemberian Pakan Murai Batu


Burung murai batu membutuhkan nutrisi yang cukup untuk aktivitas dan produktivitasnya. Supaya kebutuhan nutrisinya terpenuhi, pakan murai batu dapat berupa pakan alami, pakan buatan, atau campuran pakan alami dan buatan.

Berikan pakan yang segar, bervariasi dan untuk hasil yang optimal tambahkan vitamin untuk burung murai batu. Untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh murai batu berikan pakan ekstra berupa cacing, jangkrik, orong-orong, ulat hongkong, atau belalang.

Untuk air minumnya, berikan air yang sudah matang agar lebih steril dan meminimalisir parasit yang dapat mengganggu kesehatan burung. Murai batu dalam sehari rata-rata memerlukan air minum sebanyak 4-5 kali dari jumlah pakannya. Air dibutuhkan untuk proses metabolisme tubuh, mengatur suhu tubuh, mempertahankan volume darah dan melancarkan sistem pencernaan.

Pakan alamiBurung murai batu termasuk jenis burung pemakan daging, pada habitat aslinya, makanan murai batu adalah jenis-jenis serangga seperti ulat dan semut rangrang.

KrotoKroto menjadi makanan paling baik untuk murai batu meskipun harganya yang sedikit mahal.

Voer burungMenggunakan voer sebagai pakan untuk burung memang lebih praktis dan murah. Gunakan voer khusus untuk burung kicau

10)Merawat Anakan Murai Batu

Anakan murai batu yang berumur 7-14 hari, diberikan pakan dari campuran voer dan kroto yang diencerkan dengan iar. Pemberian pakan dilakukan 1 jam sekali. Saat berumur 15 hari atau lebih, anakan murai batu sudah bisa makan kroto sendiri.

Anakan burung murai batu harus selalu diperhatikan dan dipastikan tumbuh dengan sehat.

#11.Memandikan Murai Batu


Cara memandikan murai batu :

  • Masukkan tempat mandi burung ke dalam kandangnya. Atau memindahkan burung ke kandang yang sudah terdapat tempat mandinya. Ukuran tempat mandi burung adalah 17 x 10 x 6 cm.
  • Menyemprotkan air dengan sprayer. Semprotkan air dari atas sangkar agar air sedikit demi seikit membasahi tubuh murai batu dan jangan disemprotkan langsung kearah tubuh, karena dapat merusak bulu murai batu.
  • Sebaiknya mandikan burung pada pagi hari sekitar pukul 07.00-10.00.

#12.Menjemur Murai Batu


Burung dapat dijemur diantara pukul 07.00-10.00 pagi saat sinar matahari belum begitu panas menyengat. Jemur burung dengan durasi 20-60 menit. Waktu penjemuran juga bisa tergantung kondisi burung dan kondisi cuaca.

Burung Murai Batu di indonesia memiliki jenis yang berbeda, ada Murai Batu Aceh, Murai Batu Medan, Murai Batu Lampung dan Murai Batu Kalimantan. Itulah pembahasan mengenai cara beternak burung murai batu. Semoga Bermanfaat.

Penutup


Demikianlah artikel saya tentang bagaimana cara beternak burung murai yang mudah dan benar semoga membantu anda dalam mulai usaha sampingan anda,dan jangan lupa saling shaer sama teman yang lebih berpengalaman dalam ternak burung murai.Salam sukses dari saya “Ucraies”.

0 Response to "Cara Sukses Dengan Beternak Murai Batu Untuk Meraih Omset Puluhan Juta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel