Trik Mudah Untuk Membesarkan Bisnis Tanpa Beriklan Yang Jarang Diketahui

Cara membesarkan bisnis tanpa beriklan adalah hal yang unik sekali bagi kalangan masyakarat luas terutama di telinga pengusaha yang sudah sukses, kita sudah mengetahui bahwa beriklan adalah salah satu jalan paling efektif dalam proses pemasaran online di internet, hal ini dinamakan sebagai media internet marketing paling ampuh. Namun apa jadinya apabila membesarkan bisnis tanpa beriklan, apakah metode tersebut dapat dilakukan ? Tentu sangat bisa sekali.

Cara Mudah Membesarkan Bisnis Tanpa Beriklan, Simak Triknya

Sebelumnya pertanyaab seperti ini sudah pernah diajukan oleh beberapa orang dalam acara yang kami adakan dalam diskusi dunia marketing communication LSPR di kota Jakarta, pertanyaan tips membesarkan bisnis tanpa pasang iklan diajukan seseorang ketika proses perancangan marketing communication.

Dalam acara tersebut pernah diajukan pertanyaan seperti ini oleh seorang , "apakah ada yang mengenal brand Starbucks ?" Lalu salah satu mahasiswa dalam acara tersebut menjawab "Ya, kami sangat mengenalnya, tapo branding produk yang mereka jual bisa berkembang pesat tanpa melakukan periklanan ?

Nah apabila kita perhatikan, brand besar dari nama Starbucks ini sering kali tercantum pada media utama yang terkenal, akan tetapi perlu diketahui juga bahwa yang memasang metode iklan seperti ini bukanlah perusahaan besar Startbucks, melainkan ini ialah salah satu co-branding dari brand Startbucks.

Cara membesarkan usaha Tanpa Beriklan ala Zara


Apakah anda sudah pernah mengenal brand zara ? Jika iya, maka ini ialah brand terbesar yang ada di spanyol, perusahaan mereka bergerak dalam bidang busana kelas menengah dan sampai sekarang sudah mempunyai banyak sekali pelanggan di indonesia, tahukah kamu pada tahun 2012 silam lalu perusahaan ini mempunyai lebih dari 5.900 cabang di negaranya, jadi sudah tidak dibayangkan lagi betapa besarnya dab betapa suksesnya penjualan mereka tanpa memasang iklan.

Bahkan yang lebih uniknya dari perusahaan ternama ini ternyata sangat jarang sekali dalam melakukan kampanye iklan dalam proses pemasaran produk mereka di internet, teknik marketing apa yang mereka lakukan sampai besar seperti ini ? Ini bisa dibilang sangat unik sekali, tidak hanya itu saja, brandinh zara sampai sekarang belum pernah nge-tweet produk mereka.

Namun menurut beberapa sumber terpercaya seperti New York Times, perusahaan zara bahkan tidak mempunyai divisu internet marketing yang efektif dalam meningkatkan penjualan mereka, tapi produk mereka selalu sukses memikat banyak orang. Berbeda dengan kompetitor lainnya dalam kategori fashion busana terkenal contohnya Stella McCartney, dan Karl lagerfeld, dimana mereka selalu menerapkan kampanye iklan.

Tidak hanya itu saja, ternyata Zara sebelumnya tidak pernah menjalin hubungan dengan kemitraan design kelas atas dalam metode pembuatan produk berkualitas kelas atas, anehnya lagi mereka lebih memilih jasa design produk dengan jenis anonim atau bisa dikatakn tidak terlalu terkenal. Beberapa orang mengatakan bahwa Zara lebih berperan sebagai fotokopi dibanding perancang.

Marketing inditex atau kepanjangan dari perusahaan induk memang memiliki bisnis yang real estate sekali. Dalam hal ini perusahaan melakukan metode investasi yang sangat besar-besaran sekali, sehingga dapat membuat daya tarik kesejarahan.

Untuk salah satu pendiri Zara , mr Ortega Gaona, adalah salah satu orang yang termasuk dalam orang terkaya di dunia, bahkan ia tercatat salah satu orang terkaya di negara Spanyol, demikian pula dengan salah satu penggantinya Pablo Isla. Menurut beberapa sumber perwakilan PR mengatakan bahwa meraka tidak suka di wawancarai dan diliput oleh media utama, hal ini dikarenakan oleh kerendahan hati mereka sendiri.

Sampai sekarang ini perusahaan besar Zara sangat jarang melakukan pemasaran online dengan media pasang iklan, hal ini tidak pernah sama sekali, pemasaran yang mereka lakukan dalam meningkatkan penjualan bisa dikatakan lumayan unik sekali yakni dengan teknik mulut ke mulut. Memang promosi seperti ini sudah ada sejak jaman dahulu sebagai meningkatkan branding produk.

Dari beberapa sumber yang didapatkan ternyata produk zara waktu itu sempat booming dikalangan masyarakat luas, tak heran juga produk tersebut akan terus menyebar mulut ke mulut hingga masyarakat luas hingga keluar negeri. Jadi sudah tidaj dipungkiri keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan Zara sudah sangat besar dan mampu menjual ribuan produk per bulannya.

Apabila tidak beriklan, apa yang dilakukan zara ?


Yang menjadi pertanyaah ialah, bagaimana perusahaan Zara sukes tanpa beriklan, apakah bisa diterapkan semua orang termasuk startup indonesia yang baru berdiri ? Pasti sangat bisa sekali, caranya sangat mudah, menurut resep yang mereka berikan yaitu ketika anda meluncurkan produk terbaru dan sudah terjadi penjualan, alangkah lebih baiknya dengarkanlah keluhan dari pelanggan anda, bila ada yang kurang langsung perbaiki dan berikan tonjolan kelebihan terhadap produk tersebut.

Zara juga menuturkan bahwa kualitas produk adalah nomor satu yang sangat wajib sekali ditonjolkan kepada konsumen, ini termasuk juga dalam informasi pemasaran yang sangat efektif sekali, bahkan desain mode yang mereka suguhkan menangkap dari mode panggung catwalk, jadi tak heran banyak masyakarat luas merekomendasikan produk mereka.

Bagaimana bisa hingga besar saat ini ? Perusahaan zara selalu mendengarkan feedback dari semua konsumen mereka yang baru saja mencoba produk tersebut, jika ada komentar negatif atau bisa dibilang review jelek, dengan cepat startup raksasa tersebut segera memperbaiki kekurangan yang ada, yang awalnya konsumen akan menjadi pelanggan setia produk tersebut.

Strategi marketing yang sangat unik sekali mereka lakukan ialah zara melakukan survey pasar terlebih dahulu, dan dalam tahap ini pula harus hati-hati agar produk yang sudah launching bisa meledak di pasaran luas, contoh sederhananya ialah zara memberikan pertanyaan sederhana terlebih dahulu kepada konsumen atau pasar mereka, produk apa yang mereka sukai. Hebatnya produk tersebut sudah sangat sesuai dengan pelanggan penyuka busana Tokyo, Manhattan, dan istanbul.

Produk Zara Bisa Laku Sebab Terbatas


Teknik yang mereka terapkan ialah Zara membuat atau memproduksi produk busana dengan item terbatas sekali, jika produk A disukai beberapa orang, maka iten tersebut jangan dicetak terlalu banyak, sebab belum tentu orang lain menyukai produk tersebut, setiap sentuhan yang mereka buat memang selalu laris di kalangan masyarakat luas.

Setiap produk yang diluncurkan selalu tertulis "edisi terbatas" atau "limited edition", pelanggan akan lebih cerdas dalam melirik produk launch terbaru tersebut, begitu diluncurkan pada hari itu, maka hari itu juga laris di kalangan konsumen terbaru mereka, beberapa konsumen tahu bahwa produk tersebut tidak dapat ditemukan tempat lain, jadi sudah tidak heran memang selalu diburu banyak orang termasuk pelanggan setia mereka.

Bukan hanya kualitas saja, akan tetapi mutu adalah hal yang sangat wajib mereka terapkan hingga sekarang ini, sebab dengan mutu bisa meningkatkan branding dan penjualan produk tersebut hingga kalangan masyarakat luas, contohnya ialah dengan menyajikan kualitas kain berkualitas dan tidak panas ketika dipakai, artinya kain busana fashion yang mereka cetak sudah terbaluti jenis kain dingin dan nyaman sekali untuk dipakai oleh beberapa model ataupun pakaian sehari-hari.

Penutup


Demikianlah artikel yang sudah kami bagikan tentang cara membesarkan bisns tanpa beriklan, cara diatas yang sudah kami share tersebut bisa anda tiru sebagai metode meningkatkan penjualan untuk kategori produk yang baru launching dikalangan masyarakat luas. Jika bermanfaat silakan share ke social media, terima kasih.

0 Response to "Trik Mudah Untuk Membesarkan Bisnis Tanpa Beriklan Yang Jarang Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel